Iklan

Nokia akhirnya merilis smartphone entry-level anyar mereka di Indonesia. Sebelumnya HMD Global, pemegang lisensi merek Nokia sempat merilisnya di China.

Ponsel suksesor Nokia C2 ini hadir dengan sejumlah peningkatan spesifikasi, dan tepat untuk digunakan oleh pengguna feature phone yang ingin beralih ke smartphone.

"Kami memboyong Nokia C3 ke Indonesia untuk pengguna yang ingin beralih ke smartphone, namun menginginkan fitur terbaru dan sistem keamanan mumpuni," ujar Karel Holub, Country GM Indonesia, HMD Global, dalam acara peluncuran virtual, Rabu (21/10/2020) dikutip dari Kompas.

Nokia menjanjikan jaminan pembaruan selama dua tahun, seperti perangkat Android One lainnya. Hal ini membuat Nokia C3 kan terlindungi dari beragam masalah terkait keamanan.

"Nokia C3 hadir dengan security update selama 2 tahun, untuk membuat perangkat tetap terlindungi dari waktu ke waktu," tutur Karel.

Desain dan Spesifikasi

Tampilan Nokia C3 mirip dengan pendahulunya, Nokia C1 dan C2. Artinya, akan ada bezel atas dan bawah yang cukup tebal. Layar 5,99 inci beresolusi HD Plus ditanamkan di antaranya.

Di bezel bagian atas terdapat kamera beresolusi 5 MP (f/2.4), sementara logo Nokia akan dipasang di bawah.

Di sisi belakang, terdapat satu kamera bersolusi 8 MP (f/2.0) yang ditemani sebuah modul LED flash.

Beralih ke bagian belakang, di sisi ini terdapat satu kamera yang memiliki resolusi 8 MP (f/2.0), ditemani dengan sebuah modul LED flash yang dipasang secara vertikal. Tepat di bawanya, terdapat modul pemindai sidik jari (fingerprint) berbentuk bulat.

Cangkang berbahan polikarbonat akan melindungi chipset Unicoc SC9863 (octa-core, 1,6 GHz) dengan RAM 2 GB da memori internall 16 GB yang dapat ditambahkan kartu microSD hingga 128 GB.

Nokia C3 akan ditenagai baterai 3.040 mAH yang diklaim  kuat dipakai untuk memutar musik selama 31 jam atau menonton video hingga 7 jam. Ketika habis, baterai ponsel bisa diisi dengan daya 5 watt.

Ponsel ini juga akan diberikan tombol pintasan fisik dedicated untuk mengkases Google Assitant. Sistem operasi Android 10, Bluetooth 4.2, port micro-USB 2.0, serta jack audio 3,5 mm juga tersedia di ponsel ini.

Ponsel berdimensi 159,9 x 77 x 8,69 mm ini memiliki bobot 184,5 gram dan tersedia dalam dua varian warna, yakni Nordic Blue dan Sand.

Harga Nokia C3 di Indonesia dibanderol Rp 1,6 Juta, dan mulai bisa dipesan (pre-order) 23 Oktober - 8 November di beberapa e-commerce rekanan Nokia di Indonesia.


Lebih baru Lebih lama